Badan Membungkuk? Perbaiki dengan Cara Ini!

Tribun Kaltim – Rabu, 6 Juni 2012 10:39 WITA
More Sharing ServicesShare | Share on facebook Share on myspace Share on google Share on twitter
TRIBUNKALTIM.co.id – Berbagai aktivitas yang kita lakukan sehari-hari bisa membuat postur tubuh jadi cenderung membungkuk. Misalnya saja, duduk seharian menatap layar komputer cenderung membuat posisi kepala jadi lebih maju ke depan dan mendongak, dan punggung juga melengkung ke depan. Tak heran bila Anda sering mengeluhkan rasa nyeri di area leher dan bahu, atau pegal-pegal di bagian punggung belakang.
Menurut Dr Beverly Marr, dari Stamford Healthcare Associates, ahli yang mendesain The SOAR Method for Perfect Posture, perubahan struktur tubuh yang terjadi akibat terlalu sering duduk atau berdiri tidak hanya menyebabkan nyeri berkepanjangan, melainkan dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

“Postur tubuh yang buruk dapat membuat Anda merasa sakit dan nyeri, terutama di area punggung dan leher. Anda juga bisa mengalami sakit kepala yang berkepanjangan,” begitu jelas Marr. Selain itu, posisi tubuh yang membungkuk membuat Anda tidak bisa bernafas dengan lancar, sehingga Anda jadi mudah lelah. Area perut yang selalu dalam kondisi menekuk juga dapat mengganggu kerja pencernaan.

Banyak orang yang memiliki masalah postur tubuh sebenarnya menyadarinya, namun tetap melakukannya, lanjut Marr. “Padahal, perubahan sedikit saja sudah bisa membuat Anda lebih percaya diri. Misalnya, dengan berdiri lebih tegak Anda akan terlihat lebih langsing dan muda, serta percaya diri,” papar Marr.

Selain itu, postur tubuh yang baik tidak hanya bisa membantu menghilangkan nyeri berkepanjangan, melainkan juga membuat Anda lebih berenergi, dan kinerja pencernaan jadi lebih lancar. Menurut Marr, ada satu cara mudah untuk memperbaiki postur tubuh kita, yaitu dengan selalu memeriksa posisi tubuh ketika duduk dan berdiri, sehingga lama-lama akan terbiasa dengan postur yang sempurna. Inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

* Ketika berdiri, periksa agar posisi telinga, bahu, dan pinggul berada dalam satu garis lurus.
* Dagu dan kepala tidak boleh maju ke depan.
* Tarik otot perut dan busungkan dada sedikit, sehingga tubuh tidak merunduk.
* Arahkan kedua bahu ke belakang, rilekskan ke arah bawah. Hindari posisi bahu yang naik ke atas karena ini bisa menyebabkan nyeri.
* Ketika berdiri, bagi bobot tubuh pada kedua kaki secara merata.
* Ketika duduk, kedua kaki harus menjejak rata di lantai dan punggung bersandar di sandaran kursi.
* Saat bekerja dengan komputer, hindari menjulurkan leher ke depan untuk melihat ke arah layar komputer. Lebih baik pertahankan posisi punggung dan leher tetap lurus, lalu dorong tubuh bagian atas dari arah pinggul ke depan, untuk melihat ke layar komputer.

Editor : Fransina
Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: