Bersih-bersih Gigi, yuuuk


Minggu, 15 April 2012 , 11:57:00 (Sumber Kaltim Post )
Bersih-bersih Gigi, Yuk…

PERAWATAN gigi sangat penting dimulai sejak dini. Karena cairan-cairan yang biasa diminum si kecil sangat mungkin mencetuskan kerusakan gigi. Apa saja yang bisa dilakukan bunda untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut si buah hati?

Kesehatan dan pertumbuhan gigi si kecil sudah terjadi semenjak ia masih di kandungan. Calon ibu harus rajin mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang, terutama yang mengandung zat kapur, vitamin D, vitamin C, vitamin A, dan beberapa jenis vitamin B dan sedikit fluorida (mineral).

Saat si kecil sudah lahir, walaupun giginya belum tumbuh, tidak ada salahnya untuk mengajarkannya menyikat gigi, dimulai dari membersihkan gusi dan mulut. Dengan demikian anak akan terbiasa dibersihkan mulut mereka. Selain itu, membersihkan gusi bayi juga dapat berfungsi mengatasi rasa sakit sewaktu gigi mulai keluar.

Membersihkan gigi dan mulut sejak bayi ini tentunya akan membuat si kecil terbiasa, bahkan hingga saat gigi susunya sudah tumbuh. Pada saat inilah kebiasaan menjaga kebersihan gigi dan mulut semakin penting, karena gigi susu pada anak balita mudah sekali rusak, hitam, atau terkikis.

Menurut para ahli, penyebab utama kerusakan gigi adalah asam yang dibuat oleh kuman di rongga mulut. Kuman akan menghasilkan asam bila ada sisa makanan, yang mengandung gula dan tepung yang lengket pada gigi dalam waktu yang lama. Asam kemudian menyebabkan kerusakan pada lapisan keras gigi (email), yang menyebabkan terjadinya lubang.

Pada balita, penyebab kerusakan gigi yang terbesar adalah minum susu atau cairan manis lainnya melalui dot. Tips mencegah kerusakan gigi si kecil:

Berilah anak satu atau dua sendok air putih untuk ‘mencuci’ mulut, setiap kali si kecil selesai minum susu atau cairan manis lainnya.
Jangan biasakan anak tertidur dengan botol dot masih dalam mulut, karena cairan manis tersebut akan menggenangi gigi dan bisa menimbulkan kerusakan.
Periksakan gigi anak setiap enam bulan sekali, sehingga apabila terjadi gangguan bisa segera terdeteksi dan tertangani.(far)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: